PENGARUH KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG (STUDI KASUS MAHASISWA EKONOMI SYARIAH IAI-N LAA ROIBA)

Main Article Content

Arman Paramansyah
Dipo Mirza Ghulam
Ernawati Ernawati

Abstract

Abstrak


Hingga saat ini, Samsung merupakan salah satu merek handphone terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi pemenang dalam persaingan bursa pasar gawai. Penelitian ini dillakukan dengan tujuan, untuk mengetahui bagaimana hubungan kesadaran merek (brand awareness) dengan keputusan pembelian, dan mengetahui bagaimana  pengaruh kesadaran merek (brand awareness) terhadap keputusan pembelian handphone Samsung. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kesadaran merek (brand awareness), variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAI-N Laa Roiba , Bogor fakultas Syariah. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 34 orang mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Analisa data statistic menggunakan regresi linear sederhana, dengan pengujian hipotesis melalui uji t menggunakan program SPSS versi 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kesadaran merek (brand awareness) terhadap keputusan pembelian handphone karena syarat thitung  dengan nilai signifikansi < 0.05, yaitu 4,027 > 2,032 dan nilai Sig. 0,000 < 0.05, sudah terpenuhi.


Kata Kunci : Kesadaran Merek (Brand Awareness), Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Paramansyah, A., Ghulam, D., & Ernawati, E. (2020). PENGARUH KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 2(3), 89-107. Retrieved from http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/alkharaj/article/view/77
Section
Articles