Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Sabtu Bersih dan Sehat

Main Article Content

Erika Nur Fitriyah
Supriyadi Supriyadi

Abstract

Penanaman pendidikan karakter diharapkan akan sangat membantu dalam membentuk teladan untuk menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Pendidikan karakter sejak dini merupakan langkah awal dalam membangun karakter anak, sehingga diperlukan pendidikan sejak usia dini. Dengan landasan moral yang kuat dan karakter positif, seseorang berulang kali berpikir untuk melakukan hal-hal negatif tersebut. Karena pada usia inilah anak memiliki masa emas untuk perkembangan kepribadiannya yaitu usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Kepedulian anak terhadap lingkungan tidak hanya menjadi tanggungjawab guru saja namun juga orangtua dirumah agar senantiasa selalu mengingatkan dan memberi dukungan kepada anak agar tetap menerapkan sikap peduli lingkungan seperti yang diajarkan di sekolah, dengan begitu akan membuat anak semakin sadar terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, mengembangkan karakter peduli lingkungan kepada anak sejak dini sangatlah penting, jika sedari kecil anak tidak diajarkan mengenai menjaga kebersihan lingkungan maka kelak hingga dewasa, anak tidak mengerti caranya hidup di lingkunganya sendiri. Karena sebagai makhluk sosial sudah seharusnya hidup bersama dengan orang lain,maka dari itu karakter perlu dipupuk sejak kecil agar anak dapat hidup dengan baik dilingkungannya kelak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FitriyahE., & SupriyadiS. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Nasionalis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Sabtu Bersih dan Sehat. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 172-184. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4767
Section
Articles

References

Akbar, S. (2016a). Internalisasi Nilai-nilai Kebaikan dalam pembelajaran di Kelas SD. Seminar Nasional Jurusan KSDP Prodi S1 PGSD. http://jurnalmedikahutama.com
Akbar, S. (2016b). Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kehidupan di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Jurusan KSDP Prodi S1 PGSD.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran.
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 1(1), 2614–3151. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes
Devina, T., & Sulistyani, N. (2019). NILAI KARAKTER NASIONALISME PADA SISWA SEKOLAH INDONESIA BANGKOK (SIB) THAILAND. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3, 97–112.
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pendagogik et al. (2017). DWIJANCENDEKIA. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Jdc, 1, 14–20. http://junaidichaniago.wordpress.com
Pedagogik, J. R., B, M., & R, F. (2018). DWIJA CENDEKIA DESAIN INKUIRI MORAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALIS SISWA SD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 2 Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Jdc.

Kurnasari, S., & Sari, I. (2017). ANALISIS KARAKTER NASIONALISME PADA BUKU TEKS KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 KELAS I SD. www.globaleksekutifteknologi.co.id
M. Sobri, N. Nursaptini, A. Widodo, & D. Sutisna. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6, 61–71. http://junaidichaniago.wordpress.com
Permatasari, N. A., D. Setiawan, & L. Kironoratri. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, , 3, 3758–3768.
Rohmah, N., S, H., & L, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. 5.
Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5, 3482–3489.
Putrijanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 21(2), 161. https://doi.org/10.30641/dejure.2021.v21.161-174
Rohmah, N., & Hidayat, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa.
Sholikah, M. (2018). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SD AISYIYAH UNGGULAN GEMOLONG SRAGEN.
Sitorus, L., & Lasso, A. H. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3, 2206–2216.
Wuryandi, W., B, M., & Dasim Budimansyah. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR.”.
Yasin, O. M. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN, TANGGUNG JAWAB DAN RASA HORMAT DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG.
Zahara, S. (2020). STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS II DALAM.