Pengaruh Kepuasan dan Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Loyalitas Konsumen 212 Mart Kota Tebing Tinggi

Main Article Content

Tria Silvia

Abstract

Pihak pengelola 212 Mart yang berada di Kota Tebing Tinggi belum mampu melaksanakan program kerja. Disisi lainnya, masih minimnya fasilitas yang dimiliki oleh koperasi seperti halnya kurangnya persediaan toilet, produk yang belum tersedia, wilayah parkir sempit, kulkas untuk menyimpan berbagai cadangan minuman.  Sementara banyak dari masyarakat yang masih belum mengenal keberadaan koperasi ini dengan baik. Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian yakni untuk memahami terkait pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelangan, kemudian memahami pengaruh kualitas layanan karyawan, dan memahami pengaruh kepuasan serta kualitas layanan yang terdapat pada 212 mart Tebing Tinggi. Sementara metode pengumpulan data dilaksanakan dengan berbagai tahapan seperti halnya observasi, wawancara serta dokumentasi. Disisi lainnya, sumber data dalam pelaksanaan penelitian ini dengan memanfaat data primer dan juga sekunder. Dalam menganalisa data, penelitian mengimplementasikan pendekatan secara deskriptif dengan cara melaksanakan pengkajian terhadap sistem koperasi. Dari hasil penelitian ini dapat diperjelas bahwa kesimpulan dari pengaruh kepuasan serta kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan 212 Mart dengan T hitung bernilai lebih dasar jika dibandingkan dengan T tabel, yang kemudian dapat diperjela H01 akan ditolak, sementara Ha1 diterima. Maka variabel kepuasan secara parsial mampu memberikan pengaruh kepada loyalitas konsumen 212 mart. Dalam pelaksanaan Uji f pada variabel kualitas layanan yang mana T hitung hitung bernilai lebih besar daripada T tabel, sehingga diketahui H02 ditolak, sementara Ha2 diterima. Sehingga dapat diperjelas bahwasannya kualitas layanan secara parsial memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan 212 mart. Berdasarkan uji F tersebut dapat diperjelas besar F lebih besar  jika dibandingkan dengan F tabel, sehingga H03 ditolak, sementara Ha3 diterima, maka dapat diperjelas bahwa kepuadan dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh stimulan terhadap loyalitas pelanggan 212 Mart Tebing Tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SilviaT. (2022). Pengaruh Kepuasan dan Kualitas Pelayanan Karyawan terhadap Loyalitas Konsumen 212 Mart Kota Tebing Tinggi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(6), 1173-1180. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i6.1144
Section
Articles