Pengaruh TPB dan Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Main Article Content

Ahmad Mahdi Bunayya
Ayu Ruqayyah Yunus
A. Syathir Sofyan

Abstract

Meningkatnya total penanam modal capital market disebabkan antusiasme angkatan millenial juga semakin gampangnya masyarakat umum mendapatkan akses ke pasar modal bersamaan dengan kemajuan teknologi. Namun penelitian selanjutnya diterbitkan oleh BPS atau Badan Pusat Statistik tahun 2010 ada 237.000.000 jiwa lebih menetap di Indonesia. Perbandingannya dengan total investor yang hadir sekarang, industri pasar modal masih sepi peminat. Penelitian ini menguji pengaruh teori perilaku terencana dan religiusitas terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis (FEBI) UIN Alauddin Makassar. Pemilihan sampel ini didasarkan pada mahasiswa FEBI UIN Alauddin Makassar yang tertarik dan telah terjun ke dunia investasi serta telah bertransaksi di pasar modal syariah. Melalui pengujian Structural Equation Model Partial Least Squares (SEM-PLS) dilakukan untuk melihat pengaruh variabel sikap, norma subjektif, kontrol perilaku dan religiusitas terhadap minat investasi mahasiswa. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sikap tidak memiliki pengaruh terhadap minat investasi. Namun penelitian ini mendukung temuan penelitian sebelumnya dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel norma subjektif, kontrol perilaku dan religiusitas terhadap minat investasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
BunayyaA., YunusA., & SofyanA. (2023). Pengaruh TPB dan Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(1), 443-455. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.3875
Section
Articles

References

Afriliasari, R. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Keuangan Islam Terhadap Perencanaan Investasi (Studi Pada Alumni dan Mahasiswa Magister Ilmu Agama Islam Konsentrasi Ekonomi Islam PPs FIAI UII Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14491
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior-Organizational Behavior and Human Decision Processes. Journal of Applied Social Psychology, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Akhtar, F., & Das, N. (2019). Predictors of investment intention in Indian stock markets: Extending the theory of planned behavior. International Journal of Bank Marketing, 37(1), 97–119. https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2017-0167
Ashidiqi, C., & Arundina, T. (2017). Indonesia Students’s intention to invest in Sukuk: Theory of planned behavior approach. International Journal of Economic Research, 14(15), 395–407.
Bursa Efek Indonesia, B. E. I. (2021). Kegiatan Galeri Investasi BEI. Www.Idx.Co.Id. https://www.idx.co.id/investor/kegiatan-galeri-investasi-bei/
Cahyanti, A. D., Arisyahidin, A., & Talkah, A. (2021). Dampak Framing Effect dan Self Efficacy dalam Pengambilan Keputusan Investasi (Analisis Program “Mini Gold: Semua Bisa Punya Emas”). REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 157–168.
Combrink, S., & Lew, C. (2020). Potential underdog bias, overconfidence and risk propensity in investor decision-making behavior. Journal of Behavioral Finance, 21(4), 337–351.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4th ed.). Badan Penebit Universtas Diponogoro.
Karmila, R., Ismail, M., & Baining, M. E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Seluruh Mahasiswa Yang Tercatat Sebagai Investor Syariah Di IDX Kota Jambi). UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Kurniawan, P. I. (2021). Effect of Expected Return, Self Efficacy, And Perceived Risk On Investment Intention: An Empirical Study On Accounting Master Degree In Udayana University, Bali. Journal of Accounting, Finance and Auditing Studies, 7(1), 40–55. https://www.um.edu.mt/library/oar/handle/123456789/66787
Kusumaningtuti Sandriharmy, S., & Setiawan, C. (2018). Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. Rajawali Pers.
Ladamay, A. Z. F., Supriyanto, T., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, Risiko, Imbal Hasil, dan Religiusitas Terhadap Minat Berinvestasi Sukuk Generasi Z di Jakarta. Islamic Economics Journal, 7(2), 161–185.
Lestari, R. N. I., Huda, M., & Karman, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal Syariah pada Mahasiswa Febi IAIN Fattahul Muluk Papua. OIKONOMIKA: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–21.
Mardani, D. (2015). Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia. In Jakarta: Kencana (2nd ed.). Prenadamedia Group.
Nabila, N., & Kusnadi, I. (2020). Pengaruh Pemahaman, Pendapatan dan Religiusitas Terhadap Minat Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIS Sambas). Cross-Border, 3(1), 124–140.
Nabilah, F., & Tutik, H. (2020). Pengaruh pengetahuan, religiusitas dan motivasi investasi terhadap minat berinvestasi pasar modal syariah pada komunitas investor saham pemula. Taraadin: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 55–67.
Nadjib, M. (2008). Investasi Syari’ah Implementasi Konsep pada Kenyataan Empirik. In Jusmaliani (Ed.), Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Nandar, H., Rokan, M. K., & Ridwan, M. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Investasi Iain Zawiyah Cot Kala Langsa. KITABAH: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah, 2(2).
Ningtyas, M. N., & Istiqomah, D. F. (2021). Perilaku Investasi sebagai penerapan gaya hidup halal masyarakat Indonesia: tinjauan Theory of Planned Behavior. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(2), 158–172.
Nurhayati, S. (2009). Akuntansi syariah di Indonesia (2nd ed.). Salemba Empat.
Phan, C. K., & Zhou, J. (2014). Vietnamese individual investors’ behavior in the stock market: An exploratory study. Research Journal of Social Science & Management, 3(12), 46–54.
Pranyoto, E., & Siregar, N. Y. (2015). Literasi Ekonomi, Hubungan Pertemanan, Sikap, Norma dan Kontrol Diri Terhadap Minat Masyarakat Lampung Untuk Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 196–216.
Salisa, N. R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182.
Saputri, R. (2020). Pengaruh Attitude dan Subjective Norm Terhadap Intensi Muzakki Membayar Zakat Maal Di Kota Lubuklinggau dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Yuliana, I. (2010). Investasi Produk Keuangan Syariah. UIN-Maliki Press.