Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan pada UMKM Mie Cihuy Karawang

Main Article Content

Said Muharam
Puji Isyanto
Neni Sumarni

Abstract

“Mie Cihuy” yang berlokasi di Karawang merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang rumah makan. “Mie Cihuy” sudah bertahan lebih dari 20 tahun dan dipercaya memiliki kualitas pelayanan yang baik, sesuai hasil pada penelitian ini yang menunjukan bahwa pembeli menganggap pelayanan sudah baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap volume pejualan UMKM “Mie Cihuy”. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan realibitas untuk mengetahui seberapa valid dan reliabel reponden pada penelitian ini. Skala kualitas pelayanan yang bertujuan mengetahui kualitas pelayanan dengan indikator variabel dimensi Berwujud (tangibles), Kehandalan (reliability), Ketanggapan (responsiviness), Jaminan dan Kepastian (assurance), dan Empati (emphaty) menggunakan metode kuantitatif. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan software bantuan SPSS versi 26 dengan total 46 responden. Berdasarkan hasil skala kualitas pelayanan menunjukan bahwa responden setuju tentan kualitas pelayanan dan volume penjualan pada UMKM Mi Cihuy. Analisis regresi sederhana menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan UMKM Mie Cihuy. Hasil Adjust R Square menunjukan nilai 0,653, hal ini berarti sebesar 65,3% volume penjualan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan sebanyak 34,7% dipengaruihi oleh variabel yang tidak terdapat pada model regresi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MuharamS., IsyantoP., & SumarniN. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan pada UMKM Mie Cihuy Karawang. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 708-720. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.4986
Section
Articles

References

Abduh, R., & Syarif, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kualitas Makanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Pada Restoran Dapur Indonesia Menteng ). JURNAL IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 236–245. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA
Andreya, E. (2022). 100 Pelaku Usaha Kecil Ikuti UMKM Go Online Virtual Expo 2022. Aptika.Kominfo.Go.Id, 8–11. https://aptika.kominfo.go.id/2022/10/100-pelaku-usaha-kecil-ikuti-umkm-go-online-virtual-expo-2022/
Anggraini, R., & Yana, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Tempat, dan Kualitas Makanan Khas Melayu Terhadap Kepuasan Pelanggan Wisata Kuliner di Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1081–1094. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.697
Ariyanto, A. dkk. (2021). STRATEGI PEMASARAN UMKM DI MASA PANDEMI (Hadion Wij). CV INSAN CENDEKIA MANDIRI.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.PDF.
MENENGAH, D. K. D. U. K. (2020). Jumlah Pelaku UMKM per Kecamatan di Karawang. OPENDATA KARAWANG. https://opendata.karawangkab.go.id/datasets/dinkopukm/jumlah-pelaku-umkm-per-kecamatan-di-kabupaten-karawang-1630551268
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sugiyono, (2016). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). CV ALFABETA.