Analisis Customer Retention Mitra PT Pos Indonesia (Persero) KCU Surabaya

Main Article Content

Karomatul Fahreza
Abi Hanif Dzulquarnain

Abstract

 Pt Pos Indonesia (Persero) KCU Surabaya merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa pengiriman, jasa keuangan, retail dan logistik. Salah satu cara dalam melakukan pemasaran adalah dengan bekerja sama dengan mitra seperti PT (Perseroan Terbatas), CV (Commanditaire Venootschap), UD (Bisnis Dagang), instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan distributor. Kesenjangan jumlah mitra dan target omzet perusahaan pada  2022-2023 terbukti tidak stabil. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Customer Retention dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan penurunan Customer Retention mitra pada Divisi Pemasaran Korporat Kurir dan Logistik. Metode penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif berdasarkan data primer dan  sekunder. Metode pengumpulan data didasarkan pada wawancara terstruktur dengan pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya dan  informasi yang diperoleh. Enam informan memenuhi persyaratan penelitian, antara lain manajer dan  AE (Account Executive). Berdasarkan grafik jumlah mitra dan pendapatan mitra  tahun 2022 hingga tahun 2023, PT Pos Indonesia (Persero) KCU Surabaya mengalami volatilitas yang menyebabkan penurunan loyalitas pelanggan. Visit yang dilakukan AE (Account Executive) sebab penggunakan layanan jasa pengiriman lain dan turunnya customer retention kepada mitra menghasilkan adanya beberapa kendala antara lain harga, lama pengiriman, ganti rugi, respon sales, tindakan adalanya permasalahan, kecepatan pengiriman, keamanan produk, dan armada pengiriman.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FahrezaK., & DzulquarnainA. (2024). Analisis Customer Retention Mitra PT Pos Indonesia (Persero) KCU Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1809-1824. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.5925
Section
Articles

References

A.Michael Huberman, dan Matthew B. Miles. Analisis data kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. Jakarta : UI Press, 1992.
Deni Yanuar, Munzir (2019). Mempertahankan Pelanggan Di Tengah Persaingan Bank Syariah Di Aceh (Studi Analisis Costumer Retention Pt. Lkms Mahirah Muamlah Syariah Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Di Kota Banda Aceh). Acta diurnA | Vol. 15 No.2.
Dyche, Jill. (2002). The CRM Handbook. Addison- Wesley, USA. Kalakota, Ravi., Robinson.
Fandy Tjipton Dan Gregorius Chandra (2020). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008), Hal. 283.
Faraj Aldaihani, F. M., Bin Ali, N. A., Hashim, H. B., dan Basha, N. K. (2020). Impact of social customer relationship management on customer retention of Islamic banks in Kuwait: The mediating role of customer empowerment. International Journal of Supply Chain Management, 9(1), 330–337.
Francis Buttle, Stan Maklan. (2015). Customer Relationship Management Concepts and Technologies. London. Routledge.
Fitriyani, Indah Pratiwi, & Hendriyani, Chandra. (2021). Implementasi Customer Data Management Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan IndiHome di PT Telkom. ICIT Journal, 7(2), 168–176.
Hadinata, Arvin, & Aprillia, Ariesya. (2021). Pengaruh Praktik Pemasaran Relasi Terhadap Retensi Pelanggan: Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Indihome Pekanbaru). Rewriting Business Strategies in The New Normal: Changing Crises to Opportunities, (November), 1–13.
Indah Pratiwi Fitriyani, Chandra Hendriyani (2021). Implementasi Customer Data Management Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan Indihome Di PT Telkom. ICIT Journal ISSN : 2356 – 5195.
Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Pos Indonesia Diakses pada tanggal 10 November 2023, dari www.pos.indonesia.co.id
Priharto, S. 2020. Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Accurate.
Rahmat, R., Zulkarnain, & Furwanti Alwie, A. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Orientasi Kewirausahaan Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Uppks (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) Di Kota Pekanbaru. Jurnal Economica, 8(1), 80–104.
Ragda Climis ( 2021 ) . Factors Affecting Customer Retention in the Airline Industry. Journal of Management and Business Administration. Central Europe”
Reza Suriansha (2023). Pengaruh Customer Experince Di Era Digitalisasi Terhadap Retensi Pelanggan Pada Industri Retail. Journal of Economics and Business UBS e-ISSN: 2774-7042 p-ISSN: 2302-8025 Vol. 12.
Santoso, R. K., dan Dewi, N. F. (2018). The influence of social media against.
Sidi, Abdul, Shamir (2018) .The mediating effect of cost leadership on the relationship between market penetration, market development, and firm performance. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), Vol. 12 Issue 3.
Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Jember. Pustaka Abadi
Sugiono (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Yuniarti, Y., & Ariyanto, A. (2018). Pengaruh Serviscape Tehadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel. Digest Marketing, 3(1), 15–22.
Wijaya, D. T. (2019). Analisa pengaruh content marketing terhadap customer retention dengan brand experience dan customer engagement sebagai variabel intervening pada konsumen rokok sampoerna di surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 6(2), 9.