Peningkatan Pelayanan dengan Total Quality Service (TQS) Dalam Meningkatkan Citra PT. Arina Multikarya Banjarmasin

Main Article Content

Anisa Sholatiah
Rahmanisa Juliana
Retno Puji Lestari
Shanty Komalasari
Musfichin Musfichin

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan mempermudah para tamu atau para calon pelamar dalam mendapatkan informasi dengan meningkatkan pelayanan perusahaan menggunakan Total Quality system (TQS). Kegiatan ini dilaksanakan di PT. Arina Multikarya Cabang Banjarmasin, yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang outsourcing dan juga marketing yang mempromosikan consumer goods, juga berperan sebagai agensi yang menaungi banyak karyawan seperti BA (Beauty Advisor), BC (Beauty Consultant), SPG (Sales Promotion Girls), maupun TL (team leader) dari perusahaan-perusahaan tertentu yang sudah bekerja sama atau menjadi mitra perusahaan. Pada pengabdian masyarakat ini, metode yang digunakan berupa metode observasi, pendekatan empiris sosiologis, koordinasi serta menyusun kegiatan yang ingin dilakukan, melaksanakan kegiatan, dan evaluasi. Dari hasil kegiatan menunjukkan para pelamar dan tamu yang datang sangat terbantu dengan adanya denah ruangan dan struktur para karyawan karena para tamu yang datang akan mudah menemukan ruangan para karyawan. Dan dengan adanya poster-poster berisikan instruksi yang dipasang pada tempat-tempat tertentu membuat para tamu atau calon karyawan menjadi lebih tertib.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SholatiahA., JulianaR., LestariR., KomalasariS., & MusfichinM. (2022). Peningkatan Pelayanan dengan Total Quality Service (TQS) Dalam Meningkatkan Citra PT. Arina Multikarya Banjarmasin. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 48-55. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2187
Section
Articles

References

Ananda, R., & Rafida, T. (2016). PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN: Rekayasa Akademik Melahirkan Enterpreneurship. Perdana Publishing.
Dakael, J., & Ralahallo, F. N. (2017). Analisis Kendala-Kendala Potensial dalam Penerapan Total Quality Service Pada Hotel-Hotel di Kota Ambon. Jurnal Manis, 1(1).
Djadjuli, D. (2019). TOTAL QUALITY SERVICE. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4).
Iqbal Kurniyanto Nugroho, Lusi Suwandari, Refius Pradipta Setyanto, & Ahmad Heryawan. (2022). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN BUSINESS PERFORMANCE PADA BUMDES “DADI MULYA” DESA ALASMALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. 1, 1, 13.
Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). PENGARUH SERVICE EXCELLENT TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN: THEORETICAL REVIEW. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 10.
Nursetiawan, I. (2018). PENTINGNYA IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY SERVICE DI SEBUAH BADAN LAYANAN UMUM DAERAH SEKTOR KESEHATAN. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(1), 9.
Pebrianti, W., Oramahi, Rusmiyanyo, E., Arman, Y., Yurishintae, E., Kalis, M., Noviani, E., Pardi, Rianti, D., Agustina, A., Muazir, S., Erwin, & Riyanto, F. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen oleh Tenaga Kependidikan. JURNAL LAMPUHYANG LEMBAGA PENJAMINAN MUTU STKIP AGAMA HINDU AMLAPURA, 13(2).
Putra, E. Y., Ng, D., Wilson, J., Alvina, J., & Ng, S. (2022). PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGAN DAN PROMOSI UMKM LA SANO LIFE UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DAN ANGKA PENJUALAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 11.
Ritonga, H. M., Fikri, M. E., Siregar, N., Agustin, R. R., & Hidayat, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Coorporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan. CV. Manhaji.
Taufiqurokhman, & Satispi, E. (2018). Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. UMJ Press.
Tri Wijayanti Sekar Pambudi & Euis Soliha. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA BANK, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK. FAIR VALUE : JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 4(3), 21.