Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta)

Main Article Content

Wahyu Anis Amanullah
Wantini Wantini

Abstract

Sosiologi pendidikan memiliki peran krusial dalam mengembangkan sistem pendidikan yang lebih optimal dan efisien. Salah satu hambatan utama dalam sosiologi pendidikan adalah kesenjangan Pendidikan. Sosiologi pendidikan adalah analisis sosiologi yang dimanfaatkan untuk menyelesaikan isu pokok yang dihadapi dalam ranah Pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesenjangan sosial di sekolah perspektif sosiologi pendidikan Islam. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Bhayangkara. Subyek penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data reduction, data dispay, dan data conclusion verificitaion. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Kesenjangan sosial juga terjadi bukan hanya di kalangan masyarakat, tetapi di lingkungan pendidikan hal ini sering terjadi. SDN Bhayangkara merupakan sekolah negeri yang terletak di tengah perkotaan Kota Yogyakarta. Siswa dengan berbagai macam status sosial, ekonomi, pola pengasuhan orangtua, maupun lingkungan yang berbeda mengakibatkan terjadinya kesenjangan sosial di lingkungan sekolah seperti pada SDN Bhayangkara. Penerapan sosiologi Pendidikan Islam dengan bimbingan konseling, adanya materi akhlak, adanya keteladanan, adanya hukuman, dan kegiatan keagamaan. Melalui penerapan sosiologi pendidikan Islam diharapkan dapat mencegah kesenjangan sosial yang terjadi di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
AmanullahW., & WantiniW. (2023). Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta). Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 43-55. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.4917
Section
Articles

References

Adisti, A. R. (2016). Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori dalam Membangun Karakter Anak. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61–88. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.61-88
Aini, S. N., Jihan, J., Nuraini, F., Saripuddin, S., & Gunawan, H. (2023). Kualitas Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua: Sebuah Tinjauan Multidisiplin. Journal on Education, 5(4), 11951–11964. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2154
Ainiyah, and W. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal: Al-Ulum, 13(11), 25–38.
Amanullah, W. A. A., Wantini, W., & Diponegoro, A. M. (2023). Analisis Role-Model Guru PAI Dalam Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(1), 128–145. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i1.861
Amin, R. (2017). Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550506
Asiqin, A. R. N., Haq, A., & Wiyono, D. F. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di Smp Negeri 2 Turen. Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 256–263.
Azra, A. (2000). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos Wacana Ilmu.
Daulany, H. P. (2004). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Cet 1. Kencana.
Handayani, N., & Watiyah, W. (2023). Peran Guru Bk Dalam Mengurangi Kesenjangan Sosial Ekonomi Siswa Sma Al-Ikhlas. Muhafadzah, 2(1), 30–37. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v2i1.575
Hidayat, A. (2018). Kesenjangan Sosial Terhadap Pendidikan Sebagai Pengaruh Era Globalisasi. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.36805/jjih.v2i1.400
Jannah, M. (2020). Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326
Juwita, R., Firman, F., Rusdinal, R., & Aliman, M. (2020). Meta Analisis: Perkembangan teori struktural fungsional dalam sosiologi pendidikan. Jurnal Perspektif, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i1
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, JAPRA : Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(2).
Marhayati, N., Chandra, P., & Fransisca, M. (2020). Pendekatan Kognitif Sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2), 250. https://doi.org/10.22373/jie.v3i2.7121
Nasution. (n.d.). Sosiologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi. Ar Ruuz Media.
Puspitasari, R., Hastuti, D., & Tin, H. (2015). Pengaruh Pola Asuh disiplindan Pola Asuh Spiritual Ibu Terhadap Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 208–218.
Rifayanti, R., Saputri, A., Arake, A. K., & Astuti, W. (2018). Peran Role Model dalam Membentk Perilaku Pro-Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 7(2).
Rirzer, G. (2003). Sosiologi: Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda,Terj. Alimandan. RajaGrafindo.
Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 74. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
Rofiq, M. H. (2017). Kedisiplinan Siswa Melalui Hukuman Perspektif Stakeholder Pendidikan. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 71–83. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i2.29
Soekanto, S. (2003). Sosiologi Suatu Pengantar. RajaGrafindo.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supardan, D. (2009). Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara.
Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Usman, U. (2022). Menjadi Guru Profesional (PT Remaja).
Wardani Sihaloho, Wildani, Siti Halisah. Anti Pebriani Syahpitri, K. H. T. (2019). Sosiologi Pendidikan Sebagai Ilmu Pengetahuan. Jurnal Dirosah Islamiyah, I(1), 1–18. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i3.4215