Sejarah Atau Asal Usul Mushaf AlQur’an di Sumatera Utara : Studi Terhadap Mushaf AlQur’an Dengan Iluminasi Melayu Pantai Timur Yang Ada di Museum Sejarah AlQur’an sumut

Main Article Content

Nailan Rahma Nst Nailan Rahma Nst Nailan Rahma Nst

Abstract

Mushaf Alquran di Sumatera Timur diabadikan dalam jurnal ini. Dalam sejarah masuknya Islam ke Indonesia, ada sebuah nama daerah yang melegenda di Sumatera Utara. Bisa dikatakan, batu nisan Islam kuno dapat ditemukan di seluruh Sumatera Utara, tapi anehnya, tidak ada tanda-tanda mushaf Alquran kuno. Di mana mushaf Alquran kuno yang digunakan oleh para ulama di Sumatera Utara sejak abad ke-14 dan memiliki ribuan saksi yang batu nisannya tetap diam? Sejarawan dan ketua Pusat Kajian Sejarah dan Ilmu Sosial (Pussis) UNIMED, Mr. Dr. Phil, terus memikirkan pertanyaan ini. MS Ichwan AzhariIchwan Azhari berpendapat bahwa Sumatera Utara memiliki banyak potensi untuk kehadiran Mushaf Al-Qur'an karena banyak sekali tanda-tanda bahwa Islam sudah ada sejak lama, setidaknya tanda-tanda bahwa Ulama sudah ada sejak abad ke-14. Kemungkinan keberadaan mushaf, di sisi lain, belum dipublikasikan. Namun, sebagian besar o F informasi menyebutkan, karena harganya yang menggiurkan, banyak Mushaf Al-Qur'an kuno dari Sumatera Utara, baik dari Pantai Barat maupun Pantai Timur, dibeli oleh pedagang dan kolektor barang antik dan dijual ke Malaysia. Mushaf Al-Qur'an Kuno dari Sumatera Utara yang semula disimpan di kantor Pussis UNIMED, mulai dikoleksi dan dipelihara hingga saat ini. Konsep pendirian Museum Sejarah Al-Qur'an Sumatera Utara bermula dari sini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nailan Rahma NstN. R. N. (2023). Sejarah Atau Asal Usul Mushaf AlQur’an di Sumatera Utara : Studi Terhadap Mushaf AlQur’an Dengan Iluminasi Melayu Pantai Timur Yang Ada di Museum Sejarah AlQur’an sumut. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(1), 220-234. https://doi.org/10.47467/mk.v22i1.2556
Section
Articles

References

As-shalih, Shubhi 1988. Mabahis fi Ulum Alquran(Beirut:darul Ilmi).
Azhari,Ichwan, candiki Repantu. 2019. Mushaf Alquran kuno di sumatera Utara (Medan: Museum Sejarah Alquran sumatera Utara Bekerjasama dengan PT Bank Sumut)
Bachimd, Ahmad. 2008. Sejarah Al Qur’an, ed Indonesia, cet.I (jakarta: PT Rehal Publika).
Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahannya (Jakarta: 1984-1985).
Departemen Agama Republik Indonesia. 1989. Alquran dan Terjemah (semarang: Cv Toha Putra).
Kementerian Agama Republik Indonesia Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran. 2017. Alquran dan Terjemah Mushaf Odoj, Cet. 1 (Bandung: Kiara Condong).
Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia. 2018. Suhuf (jakarta: t.t.,).
M. Hanafi, Muchlis. 2017. Sejarah Penulisan Mushaf Alquran standar Indonesia (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Balitbang).
Pentashih Mushaf Alquran Departemen Agama Republik Indonesia. 1992. Alquran dan Terjemah (Mahkota: surabaya).
Rahman, Ahmad. 2017. Inskripsi Islam Nusantara (Jakarta: Litbang diklat Press).
Shidieqy, hash. 1980. Sejarah dan pengantar Ilmu Al Qur’an/ Tafsir (Jakarta: Bulan Bintang).