Perkembangan Kognitif Anak Menurut Teori Piaget

Main Article Content

Deni Hazmi

Abstract

Kemajuan mental sering kali bergantung pada tingkat tindakan anak yang sebanding dengan iklim umum. Jean Piaget adalah salah satu tokoh yang mengeksplorasi mental turn of events dan mengusulkan fase-fase dari mental turn of events. Dia berpendapat bahwa isi, struktur, dan fungsi kognitif adalah tiga aspek perkembangan kognitif setiap individu. Anak-anak menggunakan skema, asimilasi, akomodasi, organisasi, dan keseimbangan dalam pemahaman aktif. Secara tidak langsung, Jen Piaget telah membahas perkembangan kognitif. Ia mengklasifikasikan empat tahap perkembangan kognitif sebagai berikut: 1) Fase sensorimotor: usia 0 sampai 2 tahun, dan 2) tahap sebelum operasi: Anak antara usia dua dan tujuh tahun, 3) Tahap Operasional Konkrit: anak usia 7 sampai 11; 4) anak usia 11 tahun sampai dewasa dalam Tahap Operasional. Jean Piaget berpendapat bahwa anak-anak tidak boleh dibatasi atau dipaksa untuk mencapai suatu titik terlalu cepat dalam perkembangan mereka sebelum mereka siap secara matang, dan bahwa proses pembelajaran harus mengikuti tahap-tahap ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HazmiD. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Menurut Teori Piaget. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 412-419. https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.3018
Section
Articles

References

Fitriani, I.N. Abdi, A.A. Syahri, dan 2011). Implikasi teori perkembangan kognitif Piaget terhadap pembelajaran matematika. 15. Sigma, "Suara Intelektual Gaya Matematika."
K.d. Amelia 2020 ). perkembangan di masa kecil. Jakarta: Kencana.
Chaplin, J. (2006). Kamus Psikologi Lengkap Jakarta: PT. Raja, Grafindo.
Desmita 2010). psikologi perkembangan siswa. Bandung: Pemuda Karya Rosda
D.G. Estini (2015) Implementasi Gagasan Jean Piaget dalam Kurikulum. Prosiding Seminar Nasional FMIPA, UNDIKSHA V. Ibda, F. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. 27. Intelektualitas
L. Marinda, April 2020 Permasalahan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget pada Anak Usia Sekolah Dasar An Nisa: 117 dari Journal of Women and Islamic Studies.
Mifroh, N. (Desember 2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Bagaimana Penerapannya. 254 Jurnal Pendidikan.
Mu'min, Hipotesis Kemajuan Samuel A. Jean Piaget. 94-95 di Al-Ta'dib.
Paul, S. (2006). Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
J. W. Santrock (2008) Kajian Psikologi Pendidikan Jakarta: Kencana.
J. W. Santrock (2014) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Humanika Salemba
K. Setiono (2009) psikologi perkembangan. bandung: padjadjaran widya.
Syah, M. (2010). Pendekatan Segar Psikologi Pendidikan Bandung: Anak Rosdakarya.