Pengaruh Penerapan Disiplin dan Pendidikan Akhlakul Karimah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI dan XII di SMAN 1 Tamansari Kabupaten Bogor

Main Article Content

Ratu Dini Marciana
Gunawan Anjar
Ammie Primarni

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan berdasarkan pengamatan peneliti yang menemukan fakta masih banyak hal yang harus mendapat perhatian dan penanganan khusus dalam peningkatan prestasi belajar. Di sekolah, terdapat banyak siswa yang belum memperoleh atau mencapai prestasi belajar yang diharapkan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII di SMA Negeri 1 Tamansari Kabupaten Bogor, mengetahui pengaruh pendidikan akhlakul karimah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII di SMA Negeri 1 Tamansari Kabupaten Bogor, dan mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara penerapan disiplin dan pendidikan akhlakul karimah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII di SMA Negeri 1 Tamansari Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi yang diteliti adalah para siswa kelas XI dan XII SMAN 1 Tamansari Kabupaten Bogor. Sampel yang digunakan sebanyak 86 responden dengan metode Probably Sampling. Penilaian statistik dilakukan dengan menggunakan kuesioner, selanjutnya diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 26. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan disiplin berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Selanjutnya, Pendidikan akhlakul karimah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar Siswa Untuk penerapan disiplin dan akhlakul karimah secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MarcianaR., AnjarG., & PrimarniA. (2023). Pengaruh Penerapan Disiplin dan Pendidikan Akhlakul Karimah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI dan XII di SMAN 1 Tamansari Kabupaten Bogor. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 280-292. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.4082
Section
Articles

References

Aslamiah, S. S. (2016). Perencanaan Pendidikan Akhlak Mulia Menurut Alqur’an. Tesis, Palangkaraya: IAIN.
Atiyah, A.-A. (1990). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Bulan Bintang.
Chaerunisa, Z., & Latief, J. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2952–2960. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1043
Farhan, F., & Rofi’ulmuiz, M. A. (2021). Religiosity and emotional intelligence on Muslim student learning achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 404–411. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20997
Fathoni, M. (2016). Pengaruh Kedisiplinan, Minat Belajar, Dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMKN 1 Godean. Tesis, Yogyakarta: Universitas PGRI.
Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan. Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengembangan Masyarakat (LP3M) UMY.
Purwanto, M. N. (2021). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Shihab, M. . (1996). Wawasan Alquran: Tafsir Maudhu’I Atas Pelbagai Persoalan Umat. Mizan.
Shihab, M. Q. (1992). Membumikan Al-Qur’an. Mizan.
Shihab, M. Q. (2007). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-qur’an. Lentera Hati.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Alfabeta.