Pengaruh Minat Siswa Pada Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Muallimin Univa Medan

Main Article Content

Ananda Putri Ananda Putri Ananda Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat siswa pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa MTs Muallimin UNIVA Medan. Penelitian ini dilakukan di MTs Muallimin UNIVA Medan pada tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah  survei dengan sampel penelitian sebanyak 90 siswa kelas VIII . Instrumen penelitian berupa angket yang diberikan kepada siswa yang berisi 30 item pertanyaan. Indikator pada pada angket adalah kesenangan , ketertarikan, perhatian dan keterlibatan siswa pada mata pelajaran IPA. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung skor angket masing-masing siswa, kemudian menjadikannya dalam presentase dan diinterpretasikan dengan kategori sangat baik, baik, kurang baik, dan tdak baik. Hasil penelitian menunjukkan indikator kesenangan siswa sebesar 77,9%, ketertarikan siswa sebesar 77,1%, perhatian siswa sebesar 76,1% dan keterlibatan siswa 75,9%.  Penelitian ini pada akhirnya menghasilkan simpulan bahwa minat belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muallimin UNIVA Medan Tahun 2022, dengan rata-rata minat siswa pada mata pelajaran IPA sebesar 76,75% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ananda PutriA. P. (2022). Pengaruh Minat Siswa Pada Pembelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Muallimin Univa Medan. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 3(1), 97-104. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v3i1.2599
Section
Articles

References

Dimyanti & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fernandez, Vandi. (2021). Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Power Point. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 5 (1).
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasyim, M & Iqbal, M. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus. 1 (2).
Munif, M. A. (2019). Pengaruh Minat Siswa Pada Mapel Biologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MA Uswatun Hasanah Mangkang. Disertasi. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Nasution. S. (2010). Didaktik azas-azas Mengajar. Bandung: Jemmars.
Putra, Ardyansah Jani. (2012). Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Seni Musik Terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya di SMPN 1 Wates. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School. Journal Pgsd Fip Unimed, Vol.1, No.2.
Slameto. (2010). Belajar dan Fakto-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2002). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)