Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Celebrity Endorser Terhadap Consumer Purchase Intention Smartphone Merek Vivo Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Smartphone Vivo di Yogyakarta)

Main Article Content

Ida Bagus Nyoman Udayana
Lusia Tria Hatmanti Hutami
Niken Mayrenda

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Electronic Word Of Mouth dan Celebrity Endorser terhadap Consumer Purchase Intention Smartphone merek Vivo melalui Brand Image sebagai variabel Mediasi  (Studi pada konsumen smartphone Vivo di Yogyakarta). Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sampel 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner. Data analisis menggunakan SPSS versi 20. Kemudian data di uji menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image (Z) memiliki nilai 0,001 < 0,05 dan celebrity endorser (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image (Z) memiliki nilai 0,000 < 0,05 Variabel brand image (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (Y) memiliki nilai 0,018 < 0,05, kemudian variabel electronic word of mouth (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (Y) memiliki nilai 0,001 < 0,05 dan celebrity endorser (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention (Y) memiliki nilai 0,000 < 0,05. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa brand image mampu berperan sebagai variabel mediasi pengaruh electronic word of mouth dan celebrity endorser terhadap purchase intention konsumen smartphone Vivo dengan menggunakan uji Sobel Test.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
UdayanaI. B., HutamiL. T., & MayrendaN. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Celebrity Endorser Terhadap Consumer Purchase Intention Smartphone Merek Vivo Melalui Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Smartphone Vivo di Yogyakarta). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1489-1504. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.1004
Section
Articles