Strategi Pemasaran Produk Mitraguna di Bank Syariah Indonesia

Main Article Content

M.F Hidayatullah
https://orcid.org/0000-0003-2821-7773
Ayu Indahwati
Nurul Setianingrum
Ahmadiono Ahmadiono

Abstract

Nasabah produk pembiayaan Mitraguna Bank Syariah Indonesia (BSI) BSI senantiasa mengalami peningkatan. Penelitian kualitatif ini berikhtiar untuk mengetahui strategi pemasaran BSI dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Mitraguna; serta untuk mengetahui kendala dan solusi yang dihadapi BSI dalam menerapkan strategi pemasaran pembiayaan mitraguna. Hasil penelitian ini menyebutkan, strategi pemasaran pembiayaan Mitraguna di BSI dengan bauran pemasaran 7P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang-orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses (processes). Kendala yang dihadapi dua faktor: Faktor internal yaitu kondisi covid-19 yang membatasi karyawan untuk masuk setiap hari karena aturan WFH (work from home), sehingga pemasaran produk dan pelayanan menjadi kurang maksimal, maka solusinya pemasaran online dilakukan lebih masif serta menyediakan aplikasi BSI Mobile. Faktor eksternal dikarenakan covid-19, nasabah menahan diri untuk pergi melakukan pembiayaan langsung ke Bank dan adanya nasabah canggung karena baru pertama kali melakukan pembiayaan di BSI. Solusinya dengan menggunakan aplikasi BSI Mobile, proses approval yang mudah dan cepat, serta princing yang kompetitif dan aman sesuai prinsip Syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HidayatullahM., IndahwatiA., SetianingrumN., & AhmadionoA. (2023). Strategi Pemasaran Produk Mitraguna di Bank Syariah Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2836-2842. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4123
Section
Articles

References

Andrianto, M. A. F. (2019). Manajemen Bank Syariah. Qiara Media.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
BSI. (2022). BSI Terus Berinovasi, Nasabah Bisa Ajukan Pembiayaan Mitraguna Via Online. www.bsi.go.id
Haris, R. S. S., & Dwiridhotjahtjono, J. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada PT Allianz Life Indonesia Cabang Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 960–977. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1422
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Prenadamedia Group.
Kotler, P., & Lane, K. K. (2008). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rodaskarya.
Nisya, T. A., Dalimunhe, A. A., & Helmi, H. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan Murabahah Di PT. BPRS Amanah Insan Cita. Profit: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan, 6(2), 66–78.
Putri, N. A., & Ardyansyah, F. (2023). Implementasi Islamic Marketing Mix pada Produk Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia ( BSI ) Kantor Cabang Basuki Rahmat Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 5, 2804–2814. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.3651
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarwo, M., & Soebroto, S. (2018). Membangun strategi memenangkan pasar persaingan pada toko pakaian di kota Tegal. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 42. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5455
Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global Menciptakan Nilai Unggul Untuk Kepuasan Nasabah. Prenadamedia Group.
Syah, R. F., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.364
UU No. 21 tentang Perbankan Syariah, 21 69 (2008).