Pengaruh Citra Merek, Ketidakpuasan Pasca Konsumsi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Produk Indihome

Main Article Content

Sherlina Aliefianti Widargo
Rizky Dermawan

Abstract

Riset berikut bertujuan guna memahami bagaimana dampak citra merek, ketidakpuasan pasca konsumsi, serta persepsi harga pada keputusan perpindahan merek produk indihome di kota Surabaya. Metode riset berikut secara kuantitatif mengambil sampel sejumlah 100 responden. Teknik pemilihan sampel memakai purposive sampling. Sampel terdiri atas pengguna ISP (Internet Service Provider) berusia 17 tahun keatas berdomisili di Kota Surabaya yang pernah melakukan perpindahan merek dan menggunakan indihome dalam kurun waktu minimal satu bulan. Teknik analisis yang dipakai pada riset berikut ialah (PLS) melalui pengujian uji validitas, uji reabilitas dan uji hipotesis. Melalui hasil riset berikut membuktikan bahwasanya Citra Merek berdampak signfikan dan positif terhadap keputusan perpindahan merek. Ketidakpuasan Pasca Konsumsi berdampak signfikan dan positif terhadap keputusan perpindahan merek. Persepsi Harga berdampak signfikan dan positif terhadap keputusan perpindahan merek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WidargoS., & DermawanR. (2023). Pengaruh Citra Merek, Ketidakpuasan Pasca Konsumsi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Produk Indihome. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2051-2163. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4246
Section
Articles

References

APJII. (2022). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diakses 22 Oktober 2022, dari https://apjii.or.id
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Alifi, F. H., Rachman, N., & Slamet, A. R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Perpindahan Merek Produk Sepeda Motor Honda Beat. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 1(3), 37–51.
Arif, M., & Sari, S. M. (2020). Pengaruh Country Origin, Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Aplikasi Grab di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora, 19–28.
Bashori, A. (2018). Pengaruh Ketidakpuasan Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Smartphone Samsung Ke Merek Smartphone Lain Di Wilayah Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1), 1–8.
Biznet. (2023). Biznet Home. Diakses 25 Oktober 2022, dari https://biznethome.net/
Chalil, R. D., Puspita, J. D., Ulya, Z., & Hamid, A. (2020). Brand, Islamic Branding, & Rebranding. PT Rajagrafindo Persada.
Databoks. (2021). IndiHome Mendominasi Pasar Internet Fixed Broadband di Indonesia . Diakses 1 November 2022, dari https://databoks.katadata.co.id
Ekonomi, W. (2022). IndiHome Sabet 3 Penghargaan Sekaligus di Indonesia Brand Communication & Guardian Championship 2022. Diakses 28 November 2022, dari wartaekonomi.co.id
Dewantara, S., Mursito, B., & Kustiyah, E. (2018). Analisis Faktor Ketidakpuasan, Fitur Produk, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Switching Pada Produk Smartphone OPPO. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 18(1), 106–116.
Febiastuti, S., & Nawarini, A. T. (2018). Faktor Influencing Brand Switching Behavior: Role Of Variety Seeking Need As Moderator Variable. Journal of Research in Management, 1(2), 34–48. https://doi.org/10.32424/jorim.v1i2.24
Firmansyah, M. A. (2019). PEMASARAN PRODUK DAN MEREK (PLANNING & STRATEGY). In Q. Media (Ed.), CV. Penerbit Qiara Media. CV. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate deangan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Handalu, P. R. (2021). Pengaruh Atribut Produk dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Sepeda Motor Merek A Ke Sepeda Motor Merek B di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis, 20(2), 88–95.
Indihome. (2023). Registrasi IndiHome Online. Diakses 9 Februari 2023, dari https://indihome.co.id/
Kusmanto, & Rahmawati, P. (2022). Pengaruh Ketidakpuasan, Atribut Produk, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Smartphone Asus Ke Smartphone Lain (Studi Kasus Pada Konsumen Sinar Mas Seluler Cabang Tlogosari Semarang). Jurnal JUIIM, 4(1), 74–85.
Liputan6. (2022). Top 3 Tekno: Perang Tarif Layanan Internet Fixed Broadband Jadi Sorotan. Diambil kembali dari Tech News: https://www.liputan6.com/tekno/read/5111337
Pasaribu, R. M., & Sugiarto, A. (2019). Pengaruh E-Wom Terhadap Peralihan Merek Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pengguna Smartphone Oppo di Medan). Journal of Economics and Business, 1(1), 40–51. https://doi.org/10.36655/jeb.v1i1.61
Philip Kotler, d. G. (2018). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall
Putri, E. M., & Astuti, M. (2020). Analisis Perpindahan Merek (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Oppo di Ciganjur Jagaraksa). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 333–341. https://doi.org/10.31933/JIMT
Rifa’I, B., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet di Gallery Smartfren Denpasar. EMAS: Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 31–42.
Safitri, A., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Dissatisfaction , Variety Seeking , Electronic Word of Mouth , dan Religiosity terhadap Brand Switching Produk Kosmetik Lain ke Kosmetik Wardah pada Mahasiswi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 26–35.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutiyono, R., & Hadibrata, B. (2020). The Effect Of Prices, Brand Images, And After Sales Service Reinforced Bar Steel Products On Consumer Purchasing Decisions Of Pt. Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science, 1(6), 945–967. https://doi.org/10.31933/DIJEMSS
Syifa, N. D. H., & Amalina, N. (2020). engaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Pada Smartphone Merek Samsung. Journal Gunadarma, 1(1), 1–15.
Tjiptono, F. A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wardhaniika, N. I. K., & Hendrati, I. M. (2021). Pengaruh Budaya Kerja, Lingkungan Kerja Dan Tunjangan Kinerja Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(1), 21–31. https://doi.org/10.38076/ideijeb.v1i2.3
Widyaningsih, W., Ekowati, T., & Runanto, D. (2022). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi dan Word of Mouth Terhadap Perpindahan Merek (Studi pada perpindahan merek skincare lain ke skincare MS Glow di Purworejo). Volatilitas, 4(2), 57–74.