Pengaruh Online Consumer Review Dan Program Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce Tiktok Shop

Main Article Content

Devi Tri Utami
Indra Hastuti
Khabib Alia Akhmad

Abstract

This study aims to investigate the influence of Online Customer Review (X1) and Free Shipping Promotion (X2) on purchasing decisions in Tiktok Shop E-Commerce. A quantitative research method was employed, using a questionnaire filled out by 119 students from the Faculty of Law and Business at Duta Bangsa University, Surakarta. The results of the analysis indicate that both variables, Online Customer Review and Free Shipping Promotion, significantly influence online purchasing decisions on Tiktok Shop platform. The use of online consumer reviews and providing free shipping promotions can enhance purchasing decisions in the platform. Validity and reliability tests indicate that the questionnaire instrument used is valid and reliable. The coefficient of determination test shows that both independent variables are capable of explaining 53% of the dependent variable. The findings of this study contribute to understanding consumer behavior in the digital environment, particularly in the context of Tiktok Shop E-Commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
UtamiD., HastutiI., & AkhmadK. (2023). Pengaruh Online Consumer Review Dan Program Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform E-Commerce Tiktok Shop. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 3018-3032. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.4912
Section
Articles

References

Alawiyah, T. (2023). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Pada Event Tanggal Kembar (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 5418-5426.
Anindya, Dhaneswara., V. (2019). Pengaruh tagline gratis ongkir shopee terhadap keputusan berbelanja online pada masyarakat kota Bandar Lampung. 108.
Basalamah, M. R., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(15).
Hakim, A. F., Rachma, N., & Normaladewi, A. (2023). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop (Studi Pada Mahasiswa FEB Angkatan 2019 Universitas Islam. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).
Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86–96.
Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288-298.
Istikomah, N., & Hartono, B. (2022). Analisis Persepsi Promosi Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Shopee Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 49-57.
Joesoef, H. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Online Berdasarkan Faktor Diskon, Program Pengiriman Gratis, Dan Pelayanan. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(1), 180–189.
Kumalasari, N. K. R., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh iklan televisi dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Bali, 3, 894–907.
Marsudi, E. N. dan H. (2022). Pengaruh Online Consumer Review Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tokopedia. Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 5(2), 2–3.
Maulana, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk , Lokasi , dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Produk PUYO). In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162-165.
Math, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 2018, 1–23.
Melfaliza, D., & Nizam, A. (2022). PENGARUH PROMO GRATIS ONGKIR, CUSTOMER REVIEW, DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI SHOPEE. JURNAL ILMIAH MAHASISWA EKONOMI ISLAM, 4(2), 192-204.
Mokodompit, H. Y., Lapian, S. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975-984.
Ningtyas, G. S. (2021). Pengaruh E-Wom, Customer Review, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Universitas Putera Batam, 1–77. http://repository.upbatam.ac.id/1135/1/cover s.d bab III.pdf
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445
RAMADHAN, R. S. (2018). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482-491.
Risma, O.:, Munte, N., Girsang, R., & Safitri, A. (2020). Pengaruh Online Consumer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Marketplace Shopee. Jurnal Education and Development, 8(3), 187–192. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1910/996
SARI, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Hkbp Nommensen Medan).
Setiadi, E., Yang, & Wang. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian syrup pada pt kharisma sukses gemilag. Shofftul auli. (2021). Pengaruh diskon dan promo gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee. March, 1–19.
Tusanputri, A. V., & Amron. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Tiktok shop. Journal FEB UNMUL, Vol. 23(4), hlm. 632-639.