Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata (Studi Pada Bata Plaza Surabaya)

Main Article Content

Masum Johari
Supriyono Supriyono

Abstract

Dengan adanya perubahan teknologi yang semakin pesat dapat mengakibatkan persaingan bisnis yang keketatannya lebih tinggi lagi diantara para pebisnis yang memiliki perusahaan atau produk barang dan jasa sejenis. Oleh karena itu diperlukan strategi yang baik untuk dapat meningkatkan bisnisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui relasi/hubungan dari diferensiasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu Bata di Plaza Surabaya. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif yang menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pembeli sepatu Bata di Plaza Surabaya yang usianya lebih dari 17 tahun. Kemudian teknik non probability sampling adalah teknik yang dipergunakan oleh peneliti dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah yaitu 70 orang pembeli sepatu Bata di Plaza Surabaya. Data yang dipergunakan  dalam penelitian ini yakni data primer dan sekunder. Sedangkan teknik analisis yang dipergunakan adala Partial Least Square (PLS). Dimana hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa diferensiasi produk berpengaruh positif pada keputusan pembelian dan citra merek berpengaruh positif pada keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
JohariM., & SupriyonoS. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata (Studi Pada Bata Plaza Surabaya). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(3), 745-755. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i3.721
Section
Articles

References

Anwar, Gulzar, Fahid, & Akram. (2011). Impact Of Brand Image, Trust And Affect On Consumer Brand Extension Attitude: The Mediating Role Of Brand Loyalty. International Journal of Economics and Management Sciences, 1(5).

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3).

Khoiroh, Budiwati, & Qosyim. (2018). Pengaruh Diferesiasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Susu Kedelai Madu (Studi Kasus Pada Home Industri Susu “SKM” di Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 1(2).

Mandagi. (2014). Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian kartu GSM tri di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Nurzaini, & Khasanah. (2018). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek, Preferensi Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Management, 7(2).

Porter. (2018). Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul (Edisi ke 2). PT Gelora Aksara Pratama.

Priansa, Wibowo, L. A., & Donni. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Alfabeta.

Purwati, Kristanto, & Suhermin. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Diferensiasi Produk, Dan Strategi Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Pada Agung Toyota Harapan Raya). Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3).

Saputra, B. A. E. (2017). Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Pada Pt. Wings Surya Di Lumajang.

Simamora, I. K., & Waluyo, H. D. (2013). Pengaruh Harga, Citra Merek, Positioning dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Jamu PT Njonja Meneer. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(1).

Sumarwan. (2009). Pemasaran Strategik: Strategi untuk Pertumbuhan perusahaan dalam penciptaan nilai bagi pemegang saham. Penerbit Inti Prima Promosindo.

Sunarto. (2006). Pengantar Manajemen Pemasaran. Penerbit UST Press.

Tirtamahya, D. N. (2017). Pengaruh Keputusan Pembelian Sebagai Implikasi Dari Diferensiasi Produk Dan Citra Merek Honda CBI50R (Survey pada PT. Arimbi Amartapura Bandung). Jurisma: Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(1).

Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy. Andi Offset.