Analisis Pemberdayaan Pegawai dan Kinerja Pegawai Terhadap Kesejahteraan Pegawai di UMKM Galeri Belva Batik Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan

Main Article Content

Mochammad Hazanal Bulqiyah
Gendut Sukarno

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini mempunyai peran yang penting untuk meningkatkan perekonomian negara, baik negara yang sudah maju maupun negara yang sedang berkembang. Tujuan dari diadakannya studi ini yakni agar dapat mengetahui korelasi daripada pemberdayaan pegawai dan kinerja pegawai terhadap kesejahteraan pegawai di UMKM Galeri Belva Batik. Selanjutnya peneliti menggunakan penelitian kuantitatif sebagai jenis penelitian ini yang mana kuesioner sebagai alat pengukur jawaban dari responden. Populasi yang dipergunakan oleh peneliti yakni para pegawai UMKM Galeri Belva Batik sebanyak 100 orang. Yang kemudian dalam mengumpulkan sampel yakni teknik non probability sampling dan metode purposive sampling, sehingga sampel yang dipergunakan peneliti sebanyak 80 pegawai dan margin eror 5%. Setelah dijawab oleh responden, jawaban tersebut akan dianalisis dengan mempergunakan Smart PLS (Partial Least Square) untuk menguji tingkat kevalidan dan reliabelnya suatu indikator dan variabel penelitian yang mana hal tersebut termasuk kedalam outter dan inner model. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberdayaan pegawai berpengaruh positif tidak signifikan pada kesejahteraan pegawai dan kinerja pegawai berpengaruh positif pada kesejahteraan pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
BulqiyahM., & SukarnoG. (2022). Analisis Pemberdayaan Pegawai dan Kinerja Pegawai Terhadap Kesejahteraan Pegawai di UMKM Galeri Belva Batik Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1440-1450. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.986
Section
Articles

References

Bahri, A., Mulbar, U., & Suliana, A. (2019). Kajian Pemberdayaan UMKM Kota Makassar Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Pelaku Usaha. Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1).

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosda Karya.

Samosir, M. S., Utama, M. S., & Marhaeni. (2016). Analisis Pengaruh Pemberdayaan dan Kinerja UMKM terhadap Kesejahteraan Pelaku UMKM di Kabupaten Sikka-NTT. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(5).

Seran, E. D., Rorong, A., & Londa, V. (2017). Pengaruh Pemberdayaan UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 3(46).

Sunarti, N. (2017). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Oleh Dinas Pariwisata Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM di Desa Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 2(1), 753–760.

Wahyuningsih, E. D., Setiawati, I., & Prasojo, T. A. (2017). Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Dengan Memberikan Pelatihan Pembukuan Sederhana di Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat “Implementasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektual” Universitas Muhammadiyah Semarang, 30 September 2017.