Hakikat Pendidikan  Karakter Kemandirian bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam

Main Article Content

Zulkhaidir Zulkhaidir
Zahid Mubarok

Abstract

 


Pendidikan karakter kemandirian bagi anak usia dini seharusnya mendapatkan perhatian yang serius oleh semua pihak yang peduli dengan perkembangan anak-anak usia dini. Pemerintah, Guru dan orang tua harus memahami dengan benar apa yang menjadi tujuan pendidikan karakter  kemandirian  bagi anak usia dini tersebut. Bagaimana metode yang digunakan sebagai pendukung agar tercapainya target agar anak tumbuh dan berkembang menjadi mandiri sesuai dengan usianya. Anak yang sehat, lingkungan fisik yang nyaman, ketersediaan permainan edukatif, keseimbangan lingkungan sosial anak, orang tua yang cakap dalam mendampingi anak dalam mencari solusi yang sedang dihadapi oleh mereka, serta orang tua yang meletakkan tujuan pendidikan yang realistis, adalah modal utama dalam mewujudkan anak-anak usia dini yang mandiri. Ajaran Islam sesungguhnya telah meletakkan dasar-dasar pendidikan anak usia dini jauh sebelum anak dilahir. Sebagai contoh seorang laki-laki dan perempuan  yang ingin menikah agar memperhatikan kualitas akhlak dan agama calon mereka masing-masing. Seseorang yang memahami ajaran agama tentunya akan mencurahkan seluruh tanggung jawab terhadap Istri dan pendidikan anak-anaknya sedini mungkin, termasuk mengajarkan karakter mandiri sebagaimana yang telah dijarkan oleh Rasulullah Saw.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ZulkhaidirZ., & MubarokZ. (2021). Hakikat Pendidikan  Karakter Kemandirian bagi Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(2), 128-141. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v1i2.562
Section
Articles