Analisis Proses Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura Dalam Meningkatkan Pelayanan pada Konsumen

Main Article Content

Cindy Andarista Juvianti Eka Putri
Elisabeth Endang Prokosawati

Abstract

Human resources are the main element of an organization compared to other resource elements such as capital and technology. Because humans alone control these factors. Good and trained human resources come from several trainings and processes carried out by the company. One of the obstacles faced by companies in producing human resources is the unbalanced decision making about training by the human center proposed by each unit in the company. Therefore, the purpose of this study was to determine the process of human resource development training at PT Angkasa Pura I Sentani International Airport, Jayapura in improving service to consumers. PT Angkasa Pura I, Sentani Jayapura International Airport, of course, has a way to produce superior human resources in their respective fields so as to produce customer satisfaction.


In this study, the researcher used qualitative research with direct interviews with Human Capital Business and Partner Manager of PT Angkasa Pura I Sentani Jayapura International Airport, direct observation at the Angkasa Pura I office at Sentani Jayapura International Airport, as well as documenting the required data, both data from the field directly. as well as data from companies. The stages in analyzing the data are by organizing the data, managing the data, verifying and interpreting the data, and drawing conclusions.


The results of this study explain that the company does several ways in carrying out human resource development training, one of which is the Performance Management System program which is carried out within a certain time. A very common obstacle experienced by most company employees is the limited network to access the internet due to online training during the Covid-19 pandemic.


Keywords: Training, Human Resources, Constraints and Sentani Jayapura International Airport


 


Sumber daya manusia merupakan elemen utama dari sebuah organisasi dibandingkan dengan elemen sumber daya lainnya seperti modal dan teknologi. Oleh karena manusia sendiri yang mengandalikan faktor-faktor tersebut. Sumber daya manusia yang baik dan terlatih berasal dari beberapa pelatihan dan proses yang dilakukan oleh perusahaan. Kendala yang dihadapi perusahaan untuk menghasilkan sumber daya manusia sering dihadapi salah satunya yaitu ketidaksamaan pengambilan keputusan pelatihan oleh human centre yang diajukan oleh setiap unit di perusahaan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelatihan pengembangan sumber daya manusia PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura dalam meningkatkan pelayanan pada konsumen. PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura tentunya memiliki cara agar menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dibidang masing-masing sehingga menghasilkan kepuasan kepada konsumen.


Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara secara langsung kepada Human Capital Business and Partner Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura, observasi secara langsung di kantor Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura, serta mendokumentasikan data-data yang dibutuhkan baik itu data yang berasal dari lapangan langsung maupun data yang berasal dari perusahaan. Tahapan dalam menganalisis data yaitu dengan pengorganisasian data, pengelolaan data, verifikasi dan penafsiran data, dan menarik kesimpulan.


Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perusahaan melakukan beberapa cara dalam melaksanakan pelatihan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya yaitu dengan program Performance Management System yang dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Kendala yang sangat umum dialami oleh sebagian besar karyawan perusahaan yaitu adanya keterbatasan jaringan untuk mengakses internet dikarenakan pelatihan yang diadakan secara daring selama pandemic Covid-19.


Kata Kunci: Pelatihan, Sumber Daya Manusia, Kendala dan Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PutriC. A. J., & ProkosawatiE. (2022). Analisis Proses Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura Dalam Meningkatkan Pelayanan pada Konsumen. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(5), 1298-1305. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i5.1113
Section
Articles