Pengaruh Kinerja Petugas dan Fasilitas Pelayanan Ruang Tunggu terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima Indonesia

Main Article Content

Abdurrahman Abdurrahman

Abstract

The Effect of Officer Performance and Waiting Room Service Facilities on Passenger Satisfaction at Sultan Muhammad Salahuddin Airport, Bima. Author : Abdurrahman. The progress of science and innovation is currently getting faster and changing. This is very much felt in the field of aviation, both local airlines and logging around the world. The need for a destination is also felt by passengers to choose transportation services including air transportation that is able to carry their journey to reach the passenger's destination quickly, safely and fairly according to their financial needs. To see if the performance of officers and service facilities has a synchronous impact on passenger satisfaction at Sultan Muhammad Salahuddin airport, Bima. This study uses quantitative testing with an overview of the selected strategy as important information using a questionnaire. The population that will be used in this study are passengers who use waiting room facilities at Sultan Muhammad Salahuddin airport, Bima. on a sample of 60 respondents. The data analysis technique used the help of IMB SPSS statistics21.


The results showed a significance value of 0.000 <0.05. This shows that there is a positive influence on the performance of officers and waiting room service facilities on customer satisfaction at Sultan Muhammad Salahuddin airport, Bima. Based on the Officer Performance variable (X1), the t-count is 4.817, the service facility variable (X2) is 5.311 t-count is obtained which is considered significant 0.000 <0.05 so H1 or H2 is accepted, meaning that the Officer Performance variable (X1) and service facilities ( X2) waiting room has an effect on passenger satisfaction (Y). From the results of this review, it is known that the calculated F value is 54,025 with a total significance of 0.000 <0.05. So it can be concluded that the variables of Officer Performance (X1) and Service Facilities (X2) waiting room significantly have a positive and significant influence on Passenger Satisfaction (Y) at Sultan Muhammad Salahuddin Airport Bima.


 


 


KEYWORDS : Kinerja, Fasilitas Pelayanan, Kepuasan penumpang


 


Pengaruh Kinerja Petugas dan Fasilitas Pelayanan Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Penulis : Abdurrahman. Kemajuan ilmu pengetahuan dan inovasi saat ini semakin cepat dan berubah. Hal ini sangat terasa di bidang penerbangan, baik penerbangan lokal maupun penebangan di seluruh dunia. Kebutuhan dengan suatu tujuan juga dirasakan oleh penumpang untuk memilih jasa transportasi termasuk transportasi udara yang mampu membawa perjalanan mereka untuk mencapai pada tujuan penumpang dengan cepat, aman dan wajar sesuai dengan kebutuhan keuangan mereka. Untuk melihat apakah Kinerja Petugas dan Fasilitas Pelayanan memiliki dampak yang sinkron terhadap kepuasan penumpang di bandar udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Penelitian ini menggunakan pengujian kuantitatif dengan gambaran strategi yang dipilih sebagai informasi penting dengan menggunakan kuesioner. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu penumpang yang memakai fasilitas ruang tunggu di bandar udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. pada sampel yang berjumlah sebesar 60 responden. Teknik analisis data menggunakan bantuan imb SPSS statistics21. 


Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Kinerja Petugas dan fasilitas pelayanan ruang tunggu terhadap kepuasan konsumen di bandar udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Berdasarkan dengan variabel Kinerja Petugas (X1) diperoleh t hitung sebesar 4,817, variabel fasilitas pelayanan (X2) diperoleh t hitung sebanyak 5.311 dinilai signifikan 0,000 < 0,05 jadi H1 atau H2 diterima, artinya pada variabel Kinerja Petugas (X1) dan fasilitas pelayanan (X2) ruang tunggu berpengaruh terhadap Kepuasan penumpang (Y). Dari hasil review ini diketahui jika nilai F hitung dengan ditentukan yaitu 54.025 dengan jumla signifikansi sebesar 0,000<0,05. jadi dapat disimpulkan bahwa variabel Kinerja Petugas (X1) dan Fasilitas Pelayanan (X2) ruang tunggu secara nyata mempunyai pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap Kepuasan Penumpang (Y) di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.


 


KATA KUNCI : Kinerja, Fasilitas Pelayanan, Kepuasan penumpang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abdurrahman, A. (2022). Pengaruh Kinerja Petugas dan Fasilitas Pelayanan Ruang Tunggu terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(6), 1400-1410. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i6.1137
Section
Articles