Implementasi Metode Tarsana dalam Pemberantasan Buta Huruf Arab (Al-Qur’an) pada Siswa MDTA Al-Ikhlas di Desa Partihaman Saroha

Main Article Content

Abdul Aziz Rusman
Abdul Aziz Rusman
Sarmalina Pane
Sarmalina Pane

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan aktivitas perkuliahan mahasiswa di luar kelas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan bermanfaat untuk membantu memecahkan masalah masyarakat. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan oleh kelompok KKN 196 UINSU di desa Partihaman Saroha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil penerapan metode Tarsana dalam rangka pemberantasan buta huruf al-Qur’an bagi siswa madrasah MDTA Al-Ikhlas. Metode Tarsana merupakan singkatan dari Tartil (sesuai tajwid), Sari' (cepat), Nagham (lagu), metode ini merupakan metode cara mudah belajar membaca al-Qur’an dengan cepat. Metode Tarsana merupakan metode yang membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa setelah menerapkan metode Tarsana serta melalui pelatihan dan pendampingan secara intensif kepada siswa hasil yang didapatkan sangat bagus. Metode Tarsana sangat efektif dan efisien untuk diterapkan, sehingga para siswa di MDTA Al-Ikhlas mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca al-Qur’an. Peneliti berharap dengan adanya penelitian ini dapat memberikan banyak manfaat dan wawasan tambahan bagi pembaca sekalian. 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
RusmanA., RusmanA., PaneS., & PaneS. (2023). Implementasi Metode Tarsana dalam Pemberantasan Buta Huruf Arab (Al-Qur’an) pada Siswa MDTA Al-Ikhlas di Desa Partihaman Saroha. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(4), 2274-2284. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i4.2214
Section
Articles