Dampak Pengembangan Wisata Pemandian Karang Anyar Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun

Main Article Content

Bella Pertiwi
Ilham Mizaya Putra

Abstract

Penelitian ini yaitu bertujuan untuk menjelaskan peluang usaha masyarakat sekitar, kenaikan penghasilan yang diperoleh oleh pedagang, dan penyerapan tenaga kerja dari pengembangan wisata pemandian karang anyar terhadap perekonomian masyarakat di kecamatan gunung maligas kabupaten simalungun. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan masyarakat sekitar pemandian Karang Anyar Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun. Metode keabsahan data dengan menggunakan validasi, triangulasi, Focus Group Discussion (FGD) dengan melakukan diskusi bersama dosen dan tujuh masyarakat yang bertempat tinggal pada Lokasi Wisata Pemandian Karang Anyar tersebut. Hasil penelitian ini adalah bahwa dengan adanya Lokasi Wisata Pemandian Karang Anyar memberikan dampak pada perekonomian masyarakat. Dampak pengembangan wisata tersebut secara signifikan telah dirasakan masyarakat yaitu peningkatan pendapatan masyarakat terkhususnya masyarakat yang berada pada sekitar lokasi pemandian karang anyar, kenaikan pada peningkatan pendapatan secara signifikan akan lebih terasa apabila ada hari-hari tertentu seperti lebaran, tahun baru dan event lainnya. Dengan adanya pengembangan pada Wisata Pemandian Karang Anyar telah memberikan perubahan kepada masyarakat karang anyar karena dapat menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat lokal dan orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PertiwiB., & Mizaya PutraI. (2023). Dampak Pengembangan Wisata Pemandian Karang Anyar Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(6), 2940-2956. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i6.3682
Section
Articles
Author Biographies

Bella Pertiwi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pengembangan Masyarakat Islam 

Ilham Mizaya Putra, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pengembangan Masyarakat Islam

References

Aufa, R.N. 2019. “Difusi Inovasi Kampung Pelangi Di Desa Wisata Bejalen.” (doctoral dissertation, universitas muhammadiyah surakarta).
Daud, A, A Pati, and S Pangemanan. 2018. “Peranan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Minahasa Utara Dalam Pengembangan Potensi Wisata (Suatu Studi Di Desa Nain, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara.” Jurnal Jurusan ilmu pemerintahan 1(1): 1–10.
Edi, Fandi Rosi Sarwo. 2016. Teori Wawancara Psikodignostik. Cetakan Pe. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera.
Hermawan, Hary. 2016. “Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal.” Jurnal Pariwisata 3(2): 105–17.
Marlina, Neny. 2019. “Kemandirian Masyarakat Desa Wisata Dalam Perspektif Community Based Tourism: Studi Kasus Desa Ketengger, Kabupaten Banyumas.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 4(1): 17.
Moleong, Lexy. 2013a. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
———. 2013b. Metodologi Penelitian Kualitatif. bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Oka, yoeti A. 1993. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa Raya.
Pitana, I. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Raco, Jozef. 2018. “Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya.”
Ribawati, Eko. 2022. “UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI DAMPAK DAN PENGARUH PENETAPAN DESA WISATA ( STUDI DI DESA KAMASAN KECAMATAN CINANGKA KABUPATEN SERANG ) Kategori Negara Yang Kaya Akan Kekayaan Alamnya . Secara Geografis Pulau Dari Sabang Sampai Merauke . Kekayaan Yang Sedemi.” JOURNAL OF SCIENCES & HUMANITIES “ESTORIA” UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI 3: 17 halaman.
Ridwan Widagdo, Sri Rokhlinasari. 2017. “Dampak Keberadaan Pariwisata Religi Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat Cirebon.” Al- Amwal, Volume 9, No. 1 Tahun 2017 9(1): 97–110.
Ryan. 2022. “Pemandian Karang Anyer Siantar, Wisata Alternatif Yang Seru Dan Menarik.” Gantari.Id. https://gantari.id/pemandian-karang-anyer-siantar-wisata-alternatif-yang-seru-dan-menarik/ryan/08/2022/ (March 11, 2023).
Simanjuntak, Heru Frianto, Siti Latifah, and Muhdi. 2015. “Analisis Pengembangan Objek Wisata Pemandian Manigom Di Kabupaten Simalungun.” 20155(1): 1–11.
Sudarmayasa, I Wayan, and I Wayan Lanang Nala. 2019. “Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Peningkatan Faktor Sosial Ekonomi Masyarakat Kampung Tenun Samarinda Di Kota Samarinda Kalimantan Timur.” Jurnal Master Pariwisata (JUMPA) 05: 283.
Wibawanti, Laela Rahma. 2020. “PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KAMPUNG WISATA BAHASA DI DUSUN PAKEL KARANGANYAR Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Menyelesaikan Program Studi Strata I Pada Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi Dan Informatika.”
Wijaya, S. 2019. “Pengelolaan Objek Wisata Air Cikoromoy Oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Tahun 2017.” : 1–263. http://repository.fisip-untirta.ac.id/1312/.
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. cetakan Ke. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Wawancara dengan ibu Sundari ( Penjual aksesoris), Lapak beliau, 22 Maret 2023,15.55
Wawancara dengan ibu Elisa Chaniago (Penjual Roti), Rumah Beliau,22 Maret 2023, 15.47
Wawancara dengan bapak Safi’I (Kepala Desa Karang Anyar), Rumah beliau, 18 Maret 2023,12.46
Wawancara dengan ibu Rani (Penjual Es Tebu), Lapak Beliau, 22 Maret 2023, 16.28
Wawancara dengan bapak Sandi (Pekerja kafe), Kafe Anyar Lestari,18 Maret 2023, 15.27