Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing pada Toffin East Java Coffee Business Platform

Main Article Content

Rezananda Oktaviani Adivia Putri
Nurhadi Nurhadi

Abstract

With the emergence of the coffee shop business trend, companies providing food and beverage  raw materials have sprung up. One of them is Toffin East Java. A company must develop a marketing strategy because it has a vital role to increase the company's competitiveness. The purpose of this research is to get an overview of marketing strategies to increase competitiveness and find out how effective the marketing strategies that Toffin East Java has implemented. This research uses qualitative research methods with SWOT Analysis. Data collection techniques in this study include in-depth interviews with company staff and consumers, observation, and documentation. The result of the EFAS and IFAS analysis is that Toffin East Java is located in quadrant I with a positive value for a company that the company is in a situation that has opportunities and strengths so that it can take maximum advantage of existing opportunities


Keywords : Marketing Strategy, SWOT Analysis, Competitive


ABSTRAK


Dengan munculnya trend bisnis coffee shop, membuat perusahaan penyedia bahan baku fnb bermunculan. Salah satunya yaitu Toffin East Java. Suatu perusahaan harus menyusun strategi pemasaran karena memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing dan mengetahui seberapa efektif strategi pemasaran yang telah dilaksanakan oleh Toffin East Java. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara yang mendalam dengan staff perusahaan dan konsumen, observasi dan dokumentasi. Hasil dari analisis EFAS dan IFAS ialah Toffin East Java terletak pada kuadran I bernilai positif untuk suatu perusahaan bahwa perusahaan berada di situasi yang memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan maksimal.


Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Daya Saing

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adivia PutriR., & NurhadiN. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing pada Toffin East Java. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 649-660. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.3830
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)