Konsep Sukuk dan Aplikasinya di Indonesia

Main Article Content

Miftah Khoiriaturrahmah
Iga Dwi Wardanah
Maryam Batubara

Abstract

 


The theme of this research is The Role of Sukuk Theory and Implementation in that it is one of the most innovative products in the contemporary Islamic development of the financial system. The development of Sukuk in Indonesia and market absorption of them is very encouraging. One of the most populous Muslim countries in the world, there is great interest from the public for Sukuk as an important instrument of Islamic finance. Researchers in this case use descriptive qualitative methods. Research which means collecting data from various sources and then doing a series of analyzes which will later be shown in the form of stories and pictures because it is not allowed to show numbers in this study. Which will be very helpful in understanding the phenomenon that occurs. The purpose of this research is to make sure that readers can know more about what Sukuk is, and how it is implemented, and finally can add insight and knowledge for readers.


 


Keywords: Sukuk Concept and Sukuk Application


 


ABSTRAK


 


Penelitian ini bertema Peran Teori dan Implementasi Sukuk dakam hal ini merupakan salah satu produk yang paling inovatif dalam perkembangan islam kontemporer sistem keuangan. Perkembangan Sukuk di Indonesia serta penyerapan pasar terhadapnya sangat menggembirakan. Salah satu dari negara yang berpenduduk muslim di dunia, adapun minat dari masyarakat yang sangat besar untuk Sukuk sebagai instrumen penting dari keuangan Islam. Peneliti dalam hal ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian yang artinya dilakukannya pengumpulan data dari berbagai sumber lalu kemudian dilakukannya serangkaian analisis yang nantinya akan ditunjukkan dalam wujud cerita dan gambar karena tidak diperkenankannya menunjukkan angka-angka dalam penelitian ini. Yang hal tersebut nantinya akan sangat membantu untuk memahami fenomena yang terjadi. Adapun tujuan dalam penelitian yang dilakukan ini yaitu agar pembaca pastinya bisa lebih mengetahui apa itu Sukuk, dan bagaimana Implementasinya, dan akhirnya dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk pembaca.


 Kata Kunci : Konsep Sukuk dan Aplikasi Sukuk

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KhoiriaturrahmahM., WardanahI., & BatubaraM. (2022). Konsep Sukuk dan Aplikasinya di Indonesia. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 480-489. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1149
Section
Articles